Cara Membuat Rencana Kesehatan

Posted on

Rencana kesehatan adalah rencana tindakan yang diarahkan untuk mencapai kesehatan pribadi. Kesehatan pribadi menyiratkan keadaan kesehatan dan kepuasan multidimensi. Ada banyak dimensi untuk kesehatan pribadi, dan masing-masing harus dipupuk, dikembangkan, dan dipelihara untuk kesejahteraan keseluruhan yang optimal. Rencana kesehatan harus mempertimbangkan semua dimensi kesehatan yang berbeda-beda ini: fisik, mental, spiritual, emosional, intelektual, sosial, pekerjaan, keuangan, dan lingkungan.

Menyiapkan dan Mengikuti Rencana Kesehatan

1. Identifikasi area yang dapat menggunakan peningkatan.

Jujurlah dengan diri sendiri tentang seberapa puas Anda merasakan dalam setiap aspek kesehatan. Dengan begitu Anda dapat membuat rencana kesehatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Berikan peringkat masing-masing area dari 1-10, dengan 1 sebagai peringkat termiskin dan 10 sebagai yang terbaik.
  • Dari sini, Anda dapat menentukan area mana yang perlu diperhatikan.
  • Tapi ingat, masing-masing bidang berhubungan dengan yang lain, sehingga Anda tidak perlu mengambil manfaat dari memfokuskan semua perhatian Anda pada satu bidang yang merugikan orang lain.


2. Menentukan tujuan.

Setelah Anda mengidentifikasi area atau area yang menurut Anda perlu Anda kerjakan, mulailah menetapkan tujuan Anda.

  • Tuliskan sasaran spesifik yang ingin Anda capai di setiap bidang. Buat tujuan jangka pendek yang dapat dicapai yang akan menggerakkan Anda ke arah tujuan jangka panjang yang semakin besar.
  • Pastikan tujuan jangka panjang Anda juga masuk akal dan bisa dilakukan. Misalnya, jika Anda berusia 25 tahun, tujuan jangka panjang yang wajar mungkin adalah keamanan finansial pada saat Anda pensiun pada usia 65 tahun. Tujuan jangka panjang yang tidak masuk akal akan menjadi miliarder pada usia 30 tahun.
  • Sabar dengan diri sendiri. Evolusi pribadi umumnya tidak terjadi dalam semalam, juga biasanya tidak mudah. Tapi itu bisa dilakukan, jadi jangan berkecil hati jika perubahan tidak segera terjadi.


3. Pantau kemajuan Anda.

Buatlah bagan atau jurnal di mana Anda dapat menguraikan setiap aspek kesehatan pribadi dan tujuan masing-masing.

  • Lakukan penilaian pribadi secara teratur: apakah Anda merasa lebih bahagia, lebih puas? Apakah Anda memiliki lebih banyak energi, lebih banyak kesenangan atau momen penuh tawa? Apakah hubungan Anda lebih bahagia?
  • Kemudian sisihkan kalender yang ditujukan untuk melacak kemajuan kesehatan Anda. Tandai tanggal dan pos pemeriksaan penting sehingga Anda dapat melihat kemajuan Anda. Mulailah dengan menetapkan garis dasar kesehatan Anda untuk aspek tertentu, tuliskan, lalu periksa lagi setelah satu atau dua bulan.
  • Melihat efek positif dari apa yang telah Anda capai mungkin menjadi bahan bakar motivasi terbaik.

4. Perbarui paket kesehatan Anda.

Ketika Anda mengembangkan kesehatan pribadi yang lebih besar, Anda mungkin ingin tujuan tertentu memakan waktu lebih atau kurang dari yang Anda perkirakan. Atau Anda mungkin menemukan bahwa beberapa tujuan tidak lagi berada dalam ruang lingkup apa yang ingin Anda capai. Jadi buat titik untuk memantau kemajuan Anda dan menilai kembali kebutuhan Anda setiap 6 bulan atau lebih. Dengan begitu Anda akan menjaga rencana kesehatan Anda selaras dengan pertumbuhan dan kemajuan pribadi Anda.

  • Proses mencapai kesejahteraan pribadi adalah dinamis. Kebutuhan Anda, tujuan Anda, lingkungan Anda, dan hubungan Anda semua dapat berubah. Anda kemudian ingin memutuskan bagaimana Anda ingin berubah bersama mereka.
  • Meskipun situasi khusus Anda mungkin berubah, dengan mempertahankan sasaran-sasaran ini di garis depan, Anda dapat mencapai tingkat kontrol yang lebih besar tentang bagaimana perubahan itu akan memengaruhi Anda. Jika misalnya, Anda menetapkan target penurunan berat badan 10 pound dalam 6 bulan, pada akhir 6 bulan, evaluasi kembali tujuan itu. Apakah Anda senang dengan berat badan Anda saat ini? Apakah Anda ingin kehilangan lebih banyak? Jika Anda senang dengan berat badan Anda, tujuan baru Anda mungkin pemeliharaan. Jika Anda ingin kehilangan lebih banyak, mungkin tujuan baru Anda adalah 10 pound tambahan dalam 6 bulan ke depan.

5. Dapatkan dukungan.

Memiliki dukungan dari orang lain dapat menjadi sangat penting untuk mempertahankan dorongan dan motivasi Anda. Pendukung Anda dapat meminta pertanggungjawaban Anda, memberikan dorongan ketika dibutuhkan, dan mungkin bahkan bergabung dengan Anda dalam upaya Anda.

  • Dapatkan bantuan dan saran profesional jika diperlukan. Jika misalnya, Anda ingin meningkatkan pola makan dan nutrisi untuk mencapai kesehatan fisik dan mental, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan ahli gizi.
  • Jika Anda mencari stabilitas keuangan, bicarakan dengan penasihat keuangan.
  • Bergabunglah dengan kelompok-kelompok pendukung yang membahas bidang apa pun yang mungkin perlu Anda dorong.
  • Mulai “sistem teman” dengan teman, pasangan, atau kerabat untuk berbagai aspek rencana kesehatan Anda. Misalnya, jika Anda bekerja pada kesehatan finansial, melibatkan pasangan Anda bisa menjadi langkah penting untuk semakin dekat dengan kesehatan hubungan dan kesehatan emosional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *