6 Penyebab Mata Anda Kering

1 min read

Saat kita mengalami situasi mata kering, kegiatan Anda dapat sangat terganggu. Mata kering dapat disebabkan oleh sekian banyak  hal, mulai dari hal usia sampai konsumsi obat-obatan. Bagi mengatasinya dengan baik, Anda butuh tahu terlebih dahulu penyebab di baliknya.

Ia melanjutkan bahwa tingkat keparahan keluhan mata kering lumayan bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Bahkan pada sejumlah kasus, mata kering pun dapat disertai komplikasi.

Berikut ialah enam urusan yang dapat sering mengakibatkan mata terasa kering, seperti dikutip WebMD:

1. Umur

Seiring meningkatnya usia, kelenjar-kelenjar yang memproduksi air mata tidak bekerja dengan baik seperti saat Anda muda. Di sisi lain, kelopak mata kita mulai melorot sehingga dominan terhadap kelembapan mata.

2. Penyakit-penyakit tertentu

Penyakit autoimun bisa memengaruhi keterampilan tubuh kita untuk menciptakan air mata sehingga mengakibatkan mata kering. Beberapa penyakit autoimun yang menciptakan mata kering tergolong lupus, artritis reumatoid, serta sindrom Sjögren.

3. Operasi mata

Operasi mata katarak dan LASIK dapat menimbulkan efek samping berupa mata kering. Saraf yang menolong membuat air mata dapat bobrok selama formalitas ini. Bicarakan dengan dokter supaya Anda dapat dibantu guna kembali mempunyai air mata.

4. Tidak lumayan minyak di mata

Jika tidak memiliki lumayan minyak di dalamnya, air mata bisa menguap (diserap ke udara) sebelum mata Anda menemukan kelembapan yang cukup. Ini adalahpenyebab sangat umum dari mata kering, dan tidak jarang terjadi saat kelenjar yang memberi tekstur minyak pada air mata kita tersumbat. Dalam dunia medis, situasi ini dinamakan dengan disfungsi kelenjar Meibom.

5. Infeksi drainase air mata

Infeksi drainase air mata dinamakan dengan dakriosistitis. Kondisi ini terjadi saat saluran air mata tersumbat dan bakteri masuk ke lokasi tersebut. Biasanya, dakriosistitis dirasakan oleh bayi, tetapi dapat terjadi pada umur berapa pun. Tanda dan gejalanya mencakup rasa sakit, kemerahan, bengkak, terlalu tidak sedikit air mata keluar, dan demam.

6. Obat-obatan

Jika Anda menikmati mata kering dan sedang minum obat, dapat jadi obat itulah yang merangsang keluhan tersebut. Beberapa obat yang bisa mengeringkan mata Anda ialah antihistamin, beta-blocker, dan sejumlah antidepresan.

Jika mata kita sedang kering, hindarilah sedang di ruangan yang terlampau panas atau ber-AC terlampau lama. Terlalu lama di depan gawai juga dapat berefek buruk, sebab Anda ingin tidak berkedip dan pada kesudahannya kelembapan di mata berkurang. Untuk Anda yang menggunakan lensa kontak, simaklah pemakaiannya supaya tidak terlampau lama. kita juga dapat menggunakan obat tetes mata untuk menangkal mata kering.

Jangan sepelekan mata kering karena dapat membuat penglihatan tidak nyaman. Bagi menangani mata kering, dapat ditolong dengan obat tetes mata yang tidak berisi pengawet, menggunakan kacamata hitam dengan anti UV saat beraktivitas di luar ruangan, serta mengompres mata dengan air hangat. Jika keluhan tak kunjung membaik, lebih baik segera cek ke dokter mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *