Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah dengan Cara Alami Ini

1 min read

Dilansir dari Reader’s Digest, untuk menanggulangi bibir kering dan pecah-pecah, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami laksana berikut ini.

1. Eksfoliasi dengan madu dan gula

Untuk menghasilkan permukaan bibir yang lebih sehat, maka sel kulit matinya mesti dilemparkan terlebih dulu dengan teknik eksfoliasi. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan memakai madu serta gula pasir. Hal ini pun dibetulkan oleh Adina Mahalli, seorang berpengalaman perawatan rambut dan kulit dari Maple Holistics.

“Gula berisi kualitas abrasif yang menjadikannya pengelupas alami yang hebat. Sedangkan madu bertugas untuk menambah kontrol air pada kulit sampai-sampai permukaan bibir menjadi lembap,” katanya.

2. Eksfoliasi dengan daun teh hijau

Bila kita tidak mempunyai madu, kita juga dapat melakukan eksfoliasi memakai daun teh hijau yang diperoleh dari kantong teh celup. Perawatan alami ini ialah salah satu yang tertua dan diperkirakan paling efektif untuk menanggulangi bibir kering.

Caranya, seduh teh hijau dengan air hangat. Lalu, tiriskan kantong teh dan sobek supaya bisa dipungut daun tehnya. Kemudian, gosok-gosokan ke bibir sampai sel kulit mati mengelupas. Teh hijau tersebut sendiri kaya bakal antioksidan, mineral, dan polifenol yang dapat meminimalisir peradangan pada kulit.

3. Masker bibir dengan timun

Jika hendak sentuhan yang lebih segar, Anda dapat memanfaatkan timun. Bila belum tidak sedikit kulit yang mengelupas, Anda dapat meredakan kekeringan pada bibir dengan menempelkan potongan timun atau mengoleskannya (bisa dihancurkan terlebih dulu). Mentimun bisa melembapkan bibir sekaligus menyerahkan vitamin dan mineral yang diperlukan kulit.

Usai mengaplikasikan masker timun pada bibir, tidak boleh dibilas dengan air. Tapi, kunci kelembapan dengan memakai lip balm.

4. Minyak almond

Minyak almond mempunyai tingkat asam lemak yang tinggi dan diandalkan  sejak dulu ampuh menanggulangi eksem. Itulah kenapa minyak almond sudah lama dipakai untuk sejumlah masalah kulit.

Cara memakai minyak almond paling mudah. Cukup oleskan sejumlah tetes ke bibir Anda, kemudian diamkan sejumlah saat. Pasti permukaan kulit Anda bakal lebih halus dan lembap setelahnya. Tapi ingat, untuk Anda mempunyai alergi kacang, usahakan tidak memilih minyak almond untuk menanggulangi bibir kering dan pecah-pecah.

5. Minyak kelapa murni

Di samping minyak almond, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil pun dapat meningkatkan kelembapan pada bibir. Minyak kelapa juga mempunyai sifat antistafilokokus yang dapat menolong mencegah infeksi bakteri pada bibir yang paling pecah-pecah. Jadi, bila Anda alergi terhadap kacang sampai-sampai tak dapat mengoleskan minyak almond, maka minyak kelapa murni dapat jadi alternatifnya.

Saat bibir terasa kering dan pecah-pecah, minumlah air putih ketimbang menjilatnya. Air liur yang menempel pada bibir akan memungut kelembapan dari bibir ketika air liur mengering. Menjilat bibir juga dapat mengalihkan bakteri dari dalam mulut ke bibir. Jadi tak ada dalil lagi untuk Anda guna terus-menerus mengandalkan jilatan bibir kala bibir kering dan pecah-pecah. Lebih baik mencoba teknik yang lebih alami dan terbukti aman, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *